Kamis, 16 November 2017

Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10 adu Performa


Banyak dari kalian yang berpikir dalam seri windows manakah yang mempunyai performa paling cepat, apakah Windows 7, Windows 8.1, ataukah Windows 10 dalam hal perfoma? Kecepatan mengakses sebuah aplikasi dalam windows sangat berguna untuk kebutuhan pekerjaan yang membutuhkan waktu cepat, mungkin ada dari kalian yang mencari windows yang paling ringan untuk kebutuhan gaming, karena semakin ringan semakin kecil gangguan yang akan ditimbulkan. Oleh karena itu kami akan membahas secara langsung menandingkan performa Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10.

Windows salah satu OS yang paling banyak dan umum digunakan di dunia bahkan di Indonesia, karena tersedia banyak aplikasi yang support windows, selain itu windows juga menyediakan perangkat lunak yang mendukung serta mempermudah berbagai pekerjaan seperti microsoft office, windows explorer dll.

Pada percobaan kali ini kami menggunakan PC dengan spesifikasi hardware sebagai berikut :
-          Intel Core I5 gen 7
-          RAM 4GB DDR 4
-          HDD Seagate 1TB

Kami akan mencoba melakukan tes pada pemrosesan beberapa aplikasi umum seperti Microsoft Office, Web Browser dan Winrar. Tak ketinggalan kami akan mencoba melakukan percobaan pada Game ringan sampai menengah. Percobaan dilakukan dengan 3x test diambil nilai rata rata dan kondisi pc setelah diinstal ulang (tidak instal aplikasi lain selain aplikasi yang diuji coba).

Microsoft Office ( Word, Excel)


Microsoft Office Win 7 vs Win 8.1 vs Win 10



Perbedaan yang cukup singkat pada waktu pemrosesan Microsoft Word serta Microsoft Excel yang berbeda 0.2 detik antar tiap tiap windows, namun windows 7 unggul pada percobaan pertama ini.
  1.       Windows 7 (5.8 Detik)
  2.        Windows 10 (6 Detik)
  3.        Windows 8 (6.2 Detik)

Web Browser (Google Chrome)

Google Chrome Win 7 vs Win 8.1 vs Win 10


Percobaan selanjutnya menggunakan google chrome sebagai uji coba ketiga windows tersebut, kami agak kesulitan mengatur timer pada windows 8.1 dan 10 yang terlihat hampir sama yakni dengan perbedaan hanya 0.1 detik saja namun kami menetapkan bahwa windows 10 unggul.
  1.       Windows 10 (2.1 Detik)
  2.     Windows 8.1 (2.2 Detik)
  3.        Windows 7 (2.8 Detik)


Winrar (Archive + Extract)

Winrar Win 7 vs Win 8.1 vs Win 10


Windows 8.1 lebih unggul dibandingkan dengan windows lainnya, perbedaan 16% antara windows 8.1 dengan windows 10 perbedaan yang cukup jauh pada jangka 1 menit. Ini membuktikan kualitas windows 8.1 yang memproses data lebih banyak daripada windows lainnya.
  1.        Windows 8.1 ( Sekitar 700MB)
  2.        Windows 7 ( Sekitar 650MB)
  3.       Windows 10 ( Sekitar 600MB)


Performa Gaming


Gaming Win 7 vs Win 8.1 vs Win 10



Untuk performa gaming kami agak kesulitan untuk menghitungnya karena proses yang selalu berubah rubah, namun kami akan membuat ringkasan/kesimpulan dengan melakukan tes pada FPS, Kecepatan dll.

Windows 7 dan Windows 8.1 memiliki selisih yang yang hampir tidak terlihat, namun untuk windows 10 kami merasakan perbedaan dalam hal game.
  1.        Windows 8.1
  2.        Windows 7
  3.        Windows 10


Kesimpulan, Windows 8.1 menurut kami sangat cocok digunakan untuk kalian yang suka bermain game sedangkan Windows 10 cocok digunakan untuk keperluan tugas/pekerjaan yang menggunakan aplikasi aplikasi umum. Windows 7 memiliki tampilan yang ramah dan kecepatan loading yang cepat serta untuk gaming lumayan bagus.

Mungkin dengan ini kami menentukan Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10 adu Performa dimenangkan oleh Windows 8.1
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
This Is The Newest Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post